Home Berita Jurusan IKM Usung Tema “20 Tahun Jurusan IKM UNNES Mengabdi, Semangat Baru...

Jurusan IKM Usung Tema “20 Tahun Jurusan IKM UNNES Mengabdi, Semangat Baru untuk Berinovasi” di Dies Natalis Ke-20

62
0

Semarang (19/4) HIMA IKM yang bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKA-IKM) sukses menyelenggarakan acara Pembukaan Dies Natalis Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ke-20 secara daring via zoom dan youtube (https://youtu.be/HaiH9lii6SE) pada tanggal (19/4). Dies Natalis Jurusan IKM kali ini mengusung tema “20 Tahun Jurusan IKM UNNES Mengabdi, Semangat Baru untuk Berinovasi”.

Acara ini diberikan sambutan oleh Adam Anursa Ramadhani (Ketua HIMA IKM UNNES 2021), Muhammad Azinar, S.K.M., M.Kes. (Ketua IKA-IKM UNNES), Dr. Irwan Budiono, M.Kes.(Epid) (Ketua Jurusan IKM), dan Andry Akhiruyanto, S.Pd., M. Pd. (Wakil Dekan III FIK) yang sekaligus membuka acara tersebut. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen, tenaga pendidik, alumni Jurusan IKM, dan seluruh mahasiswa Jurusan IKM.

Acara ini menyuguhkan video perjalanan 20 tahun Jurusan IKM UNNES dari tahun pertama didirikan hingga sekarang. Dalam video perjalanan ini menceritakan perjuangan Jurusan IKMĀ  dari mulai berdiri hingga kini telah terakreditasi A yang dapat menunjukkan dirinya di kancah internasional seperti. Alumni Jurusan IKM pun turut berkontribusi dalam Dies Natalis kali ini yakni dengan memberikan video testimoni lulusan IKM UNNES yang berisi kesan dan pesan selama menjalani kuliah di Jurusan IKM UNNES. Selain itu untuk memeriahkan Dies Natalis ini juga terdapat twibbon (https://twb.nz/diesikm20) yang bisa digunakan dan dibagikan di berbagai media sosial.

Pada acara pembukaan ini juga dilakukan peresmian logo terbaru HIMA IKM UNNES dan logo Dies Natalis ke-20 Jurusan IKM oleh Ketua Jurusan IKM. Adapun makna dari logo dies natalis ke-20 IKM yakni Angka 20 melambangkan berdirinya Jurusan IKM UNNES, sayap dengan logo UNNES melambangkan intelektual yang dinamis dan inovatif, tulisan tahun 2001-2021 melambangkan tahun berdirinya Jurusan IKM yaitu tahun 2001 dan terus maju sekarang, dan bendera orange dengan slogan “Jurusan IKM UNNES Mengabdi, Semangat Baru untuk Berinovasi” melambangkan bentuk dan visi nyata dari Jurusan IKM selama 20 tahun terus mencetak insan cendekia dengan semangat baru untuk terus menciptakan inovasi guna kemajuan kesehatan masyarakat.

Setelah acara Pembukaan Dies Natalis Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ke-20, masih banyak lagi rangkaian acara dalam memeriahkan dies natalis ini antara lain pada bulan Mei yaitu Nol KM Litbang 1.0, Pengabdian HIMA IKM UNNES, Public Health Virtual Learning; bulan Juni yaitu Talkshow Kesehatan dan Lomba Poster; bulan Juli yaitu Hi-Care; bulan Agustus yaitu NOL KM Litbang 2.0 dan NOL KM Advokasi 1.0; bulan September yaitu SIKLUS dan PH EXPO; dan pada bulan Oktober yaitu PKMMTJ serta acara puncaknya yaitu pada Seminar Nasional Kesehatan & Call for Paper.

Kontributor: Puput Arisma Wanti