Semarang (28/9) Jurusan IKM melaksanakan Upacara Angkat Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat dilanjutkan Tasyakuran Wisudawan Periode III secara Luring. Acara Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat diikuti oleh 37 wisuawan Prodi Kesmas dan dihadiri oleh Wakil Ketua Umum IAKMI Pengda Jawa Tengah, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Ketua Jurusan IKM, Dosen, serta tendik Jurusan IKM. Dalam sambutannya Dekan FIK, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, berpesan agar tiap wisudawan yang disumpah agar terus memegang sumpah yang diucapkan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Setali tiga uang, Wakil Ketua Umum Pengda Jawa Tengah, Noor Alis Setiadi, Ph.D., juga menyampaikan harapan agar para wisudawan agar tidak bosan untuk belajar sepanjang hayat dan terus merefresh keilmuannya melalui berbagai seminar dan lokakarya yang salah satunya diselenggarakan organisasi profesi IAKMI. “Banyak seminar yang diselenggarakan OP IAKMI, selain untuk merefresh ilmu, seminar juga bisa untuk memperoleh SKP untuk memperpanjang STR” pesan Noor Alis. 

Setelah dilaksanakan upacara angkat sumpah, kegiatan dilanjutkan dengan tasyakuran wisudawan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKA IKM). 

Perwakilan IKA IKM, Ali Mei Hadip, S.K.M. yang sekarang bekerja di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT-RI) sebagai penyuluh kesehatan dan keselamatan kerja.  “Jangan takut, jangan terlalu berlebihan, Selama kita ada usaha, niat dan doa dengan perbanyak relasi, mengasah dan mengembangkan keterampilan serta semangat pantang mundur, didorong restu orang tua, Insya Allah apa yang di cita citakan akan tercapai”, pesan Ali.

Beberapa penghargaan yang diberikan kepada wisudawan di antaranya wisudawan terbaik periode III diberikan kepada Habibah Yulia Resti, S.K.M., dari Peminatan Epidemiologi dan Biostatistik dengan IPK 3,88. Penghargaan yang kedua yaitu wisudawan tercepat yang diraih oleh Rofiatusy Syifa, S.K.M. dengan masa studi 3 tahun 7 bulan 15 hari.

 

Penulis: Rafidha Nur Alifah
Editor: Lukman Fauzi