Semarang (20/9) Dosen Prodi Gizi, Galuh Nita P., M.Si. menjadi dosen tamu dalam outbound visiting lecture di Kasetsart University, Thailand. Dilaksanakan secara daring, Galuh menyampaikan kuliah tentang “Nutrition and School Lunch in Indonesia”. Mahasiswa yang mengikuti kuliah ini adalah mahasiswa S1 dan S2 dari Kasetsart University dan mahasiswa Prodi Gizi UNNES. Kuliah ini didampingi oleh Atchara Purakom, Ph.D. dari Kasetsart University selaku mitra kerjasama Jurusan IKM.

Dalam kuliahnya, Galuh menyampaikan jenis makan siang bagi anak sekolah di Indonesia. Termasuk di dalamnya, porsi dan nilai gizi yang terkandung. Diskusi perkuliahan berlangsung menarik karena banyak menu makan siang di Indonesia yang mirip dengan Thailand. Pedoman gizi di Indonesia mirip dengan pedoman di thailand, contohnya seperti ada batasan konsumsi gula, garam dan minyak. Batas konsumsi garam di Indonesia dan thailand adalah sama yaitu maksimal 1 sendok teh garam perhari. Thailand juga menghadapi permasalahan kesehatan yang sama dengan Indonesia yaitu seperti hipertensi dan diabetes mellitus. Oleh karena itu, pedoman tersebut dipromosikan untuk melawan atau menurunkan resiko penyakit kronis.

Selain Galuh, outbound visiting lecture juga akan diampu beberapa dosen Prodi Kesmas dan Gizi dengan Kasetsart University, Thailand dan Srinakharinwirot University, Thailand.

 

Kontributor: Lukman Fauzi