Semarang (21/7) Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan upaya percepatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular serta percepatan capaian Vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Semarang mengadakan “Posbindu PTM dan Vaksin Covid Go to Campus” yang akan dilaksanakan pada 10 Universitas di Kota Semarang, termasuk Universitas Negeri Semarang. Sesuai dengan arahan Dinkes Kota Semarang, pelaksanaan kegiatan Pobindu PTM dan Valsin Covid di UNNES dilaksanakan empat kali. Dalam pelaksaannya Jurusan IKM UNNES berkolaborasi dengan Puskesmas Sekaran (21/7), Puskesmas Gunungpati (26/7), Puskesmas Karangmalang (4/8), dan Puskesmas Mijen (11/8).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah riwayat penyakit, antropometri, tensi, tes kolestrol, gula darah, dan asam urat. Vaksin Covid yang disediakan adalah Sinovac dan Moderna, mulai dari dosis I, II, dan III (booster). Kegiatan ini diikuti oleh 50 lebih peserta dari kalangan masyarakat sekitar, mahasiswa, dan dosen UNNES. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB.

Posbindu PTM dan Vaksinasi Covid yang dilaksanakan Universitas Negeri Semarang bersama UPTD Puskesmas Sekaran di Gedung Prof. Husein Argasasmita F3 FIK UNNES mendapatkan respon positif. Petugas pelaksana yang berasal dari Puskesmas Sekaran dibantu dosen dan mahasiswa Jurusan IKM UNNES sangat senang dengan antusiasme tinggi dari peserta. Civitas Academica UNNES dan masyarakat sekitar merasa sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan ini.

 

Penulis: Irman Syahrul Ardiansyah
Editor: Lukman Fauzi