Semarang (2/6) Adanya pandemi Covid-19 dapat menyebabkan lebih banyak sumber daya kesehatan yang dikerahkan untuk menangani penyakit ini. Hal inilah yang menyebabkan penyakit lain seakan terabaikan, salah satunya yaitu stunting. Stunting (pendek) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Stunting pada balita sendiri diketahuia akan berdampak pada tingkat kecerdasan yang tidak maksimal, lebih rentan terkena penyakit, bahkan di masa depan berisiko menjadi kurang produktif.

Dalam rangka memperkuat penanganan Stunting di era pandemi Covid-19, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat  (HIMA IKM) menggelar Talkshow Kesehatan dan Lomba Poster 2021 yang mengangkat tema “Capaian, Peluang, dan Tantangan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Era Pandemi Covid-19”.

Pembicara yang diundang dalam Talkshow Kesehatan kali ini yaitu dr. Erna Mulati, M.Sc., CMFM (Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI) dan drg. Widwiono, M.Kes. (Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah) dengan moderator Alfiana Ainun Nisa, S.K.M., M.Kes. (Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat UNNES).

Talkshow Kesehatan akan membagi topik secara lebih dalam yaitu “Inovasi dan Akselerasi Penurunan Stunting di Era Pandemi Covid-19 melalui Pendekatan Keluarga” yang akan dibahas oleh Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dan topik “Strategi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Indonesia: Tantangan Hari Ini dan Esok” yang akan dibahas oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah.

Acara akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Juli 2021 pukul 09.00 WIB – selesai secara daring. Acara ini diperuntukkan bagi masyarakat umum baik mahasiswa, dosen, tenaga kesehatan, dan lainnya.

Biaya pendaftaran Talkshow Kesehatan saja sebesar Rp30.000 sedangkan biaya pendaftaran Talkshow Kesehatan sekaligus Lomba Poster sebesar Rp40.000. Salah satu fasilitas yang didapat adalah e-sertifikat ber-SKP (1 SKP IAKMI, 1 SKP PPPKMI, dan 2 SKP PAEI)

Registrasi peserta Talkshow Kesehatan dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/talkshowkes21 sebelum Rabu, 30 Juni 2021. Khusus peserta yang mengikuti Lomba Poster dapat melakukan registrasi sebelum Sabtu, 26 Juni 2021.

Poster talkshow dan lomba poster bisa diunduh disini