Home Berita SIKECI (Sari Kecipir) Membawa 3 Mahasiswa Gizi UNNES Menjuarai LKTIN USU 2018

SIKECI (Sari Kecipir) Membawa 3 Mahasiswa Gizi UNNES Menjuarai LKTIN USU 2018

170
0

Semarang (10/10) Wiranto, Nur Khofifah, dan Intan, membuat inovasi dari tanaman kecipir yang merupakan salah satu potensi pangan lokal di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman kecipir tersebut dibuat minuman dengan nama Sikeci (Sari Kecipir) yang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh dan kesehatan. Inovasi yang dibawa ini berhasil menjuarai Lomba Karya Tulis Nasional yang diadakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, pada 2018.

Penggunaan kecipir pada produk yang mereka buat bertujuan untuk mengangkat eksistensi tanaman kecipir yang sekarang ini sudah dipandang sebelah mata. sendiri. Masyarakat menganggap kecipir memiliki nilai ekonomis yang kurang serta kandungan gizinya yang rendah. Namun berbagai fakta telah membuktikan kalau tanaman kecipir memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Bahkan kandungan asam amino biji kecipir tergolong tinggi.

Sari Kecipir (Sikeci) yang Wiranto, Intan, dan Khofifah buat ini diharapkan dapat menambah dan memunculkan wawasan, ilmu, dan ide-ide baru, menjadi salah satu solusi ketahanan pangan masyarakat, serta yang paling utama adalah mengangkat eksistensi kecipir yang sudah dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

 

Kontributor : Nahla