Home Berita Serangga dan Koloninya Dipamerkan Mahasiswa Peminatan Epidemiologi dan Biostatistika 2014

Serangga dan Koloninya Dipamerkan Mahasiswa Peminatan Epidemiologi dan Biostatistika 2014

975
0

Sekaran (20/12) – Arthropoda di bidang kesehatan memberikan dampak yang beragam terhadap kesejahteraan manusia, mulai dari gangguan terhadap kenyamanan hidup, menyebabkan kerugian ekonomi, sampai menimbulkan penyakit yang tidak jarang menyebabkan kematian seperti penyakit malaria dan demam berdarah. Selain tingginya permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh serangga, kendala yang lain, yaitu amat rendahnya perhatian terhadap masalah yang ditimbulkan oleh vektor penyakit dan kurangnya informasi tentang bioekologi  serangga.

Sebagai upaya untuk meminimalisir masalah-masalah tersebut, mahasiswa peminatan Epidemiologi dan Biostatistika angkatan 2014 Jurusan IKM Unnes menyelenggarakan pameran Entomologi Kesehatan dengan difokuskan pada golongan arthropoda penyebab masalah kesehatan yang ada di Indonesia.

Pameran tersebut diselenggarakan pada 20 Desember 2016 bertempat di Laboratorium Jurusan IKM Unnes. Dalam pameran tersebut terdapat banyak spesies golongan arthropoda yang dipamerkan dengan berbagai macam hasil karya tangan mahasiswa peminatan Epidemiologi dan Biostatistika. Bahan-bahan yang sederhana, seperti styrofoam, plastik, kain flanel dan lain-lain disulap oleh mahasiswa menjadi sebuah karya yang dapat menjelaskan seluk-beluk spesies serangga penyebab kesehatan, mulai dari identifikasi spesies, anatomi dan fisiologi, bionomi spesies, sampai cara pengendalian vektor (arthropoda) penyakit.

Selain mahasiswa, acara tersebut dihadiri pula oleh Ketua Peminatan Epidemiologi dan Biostatistika, Widya Hary Cahyati, S.K.M., M.Kes., serta dosen pengampu mata kuliah Entomologi Kesehatan drh. Dyah Mahendrasari Sukendra, M.Sc. dan Nur Siyam, S.K.M., M.P.H. Harapannya hasil karya tersebut dapat diaplikasikan di masyarakat, serta dapat mengubah cara pandang mahasiswa bahwa epidemiologi menyenangkan untuk dipelajari, salah satunya dengan membuat sebuah pameran yang menyenangkan dan tidak membosankan (Masnuh)