Home Berita Seminar Nasional Menutup Semua Agenda IPHPS 2016

Seminar Nasional Menutup Semua Agenda IPHPS 2016

775
0

Seminar Nasional “Akselerasi Pembangunan Kesehatan yang Berbasis Teknologi dan Terintegrasi dengan Kebijakan Pembangunan Nasional” menutup serangkaian kegiatan Indonesian Public Health Perspective Series (IPHPS) 2016. Setelah kemarin (22/09) kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jurnal dan Penulisan Artikel Jurnal Terakseditasi Nasional dan Simposium berhasil merebut hati para peserta, kegiatan Seminar Nasional diselenggarakan pada 23 September juga menambah semarak kegiatan IPHPS 2016. Bersamaan dengan seminar ini, juga diselenggarakan presentasi parallel dari para peserta, Indonesian Public Health Student Forum (IPHSF), dan Young Public Health Award.

Pemukulan gong oleh Prof. YL. Sukestiyarno, M.S., Ph.D. menjadi tanda dibukanya Seminar Nasional dan dilanjutkan dengan penampilan seni pencak silat dari mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Peserta Seminar Nasional ini tidak hanya dari mahasiswa  S-1 dan S-2 Jurusan IKM saja, namun juga dari instansi lain, baik perguruan tinggi sampai dinas kesehatan dari luar kota, seperti STIKIM Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Manado, Universitas Indonesia, Dinas Kesehatan Kab. Cilacap, dan Labroratorium Kesehatan Provinsi.

Adapun materi seminar yang disampaikan yaitu Profesionalisme Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Pembangunan Kesehatan Nasional oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. (Dekan FKM UI), Smart City Bidang Kesehatan di Kota Semarang oleh dr. Widoyono, M.P.H. (Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang), Peran IAKMI dalam Mendukung Profesi Kesehatan Masyarakat pada Pembangunan Kesehatan oleh dr. H. Adang Bachtiar, M.P.H., Sc.D. (Ketua IAKMI Pusat), serta Profil Pendidikan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kota Semarang oleh Prof. Dr. dr. Oktia Woro K.H., M.Kes. (Ketua JNPK Indonesia) dan dr. RR. Sri Ratna Rahayu, M.Kes., Ph.D. (Ketua Pusat Studi Kesehatan FIK Unnes). Acara sesi utama tersebut dipandu oleh Muhammad Azinar, S.K.M., M.Kes. dan dr. Intan Zainafree, MH.Kes.

Harapannya, IPHPS 2016 ini dapat menjadi kegiatan tahunan jurusan IKM Unnes serta menjadi titik awal dan tonggak perjuangan membangun insan Kesehatan Masyarakat yang berilmu, bijak, dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan meningkatkan derajat kesehatan masayarakat yang setinggi-tingginya (Komala).