Home Berita Selamat dan Sukses untuk Wisudawan dan Wisudawati Jurusan IKM Periode IV

Selamat dan Sukses untuk Wisudawan dan Wisudawati Jurusan IKM Periode IV

87
0

Semarang (3/12) Jurusan IKM melaksanakan tasyakuran dan pelepasan wisudawan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diperuntukkan lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat. Seperti periode II dan III, tasyakuran periode IV dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Program Studi Kesehatan Masyarakat UNNES.

Ketua Jurusan IKM, Ketua IKA-IKM, Kepala Laboratorium, Koordinator Prodi Gizi, dosen serta tendik Jurusan IKM turut hadir dalam tasyakuran Periode IV. Dalam sambutannya Muhammad Azinar, S.K.M., M. Kes. selaku ketua IKA-IKM menyampaikan bahwa wisudawan periode IV ini merupakan wisudawan dengan waktu lulus yang ideal sebagai sarjana kesehatan masyarakat, “Semoga alumni memberikan sumbangsih dan kontribusi untuk menyukseskan setiap kegiatan Jurusan IKM”, tambahnya.

Diikuti sebanyak 23 wisudawan, pada periode ini lulusan dari peminatan Epidemiologi dan Biostatistika sebanyak 8 wisudawan, Promosi Kesehatan sebanyak 1 wisudawan, AKK sebanyak 3 wisudawan, K3 sebanyak 10 wisudawan, dan Kesehatan Lingkungan sebanyak 1 wisudawan.

Terdapat beberapa penghargaan diantaranya penghargaan untuk wisudawan terbaik diraih oleh Rizka Maulinda Aftikasari (Peminatan K3) dengan IPK 3.90, wisudawan masa studi tercepat diraih oleh Ali Mei Hadip Musyafak (Peminatan K3) dengan lama studi 3 tahun 10 bulan 27 hari. Peminatan dengan rata-rata IPK tertinggi diraih oleh Peminatan Promosi Kesehatan dengan IPK 3,84, sedangkan Peminatan Epidemiologi dan Biostatistika mendapatkan penghargaan peminatan dengan rata-rata masa studi tercepat yaitu 4 tahun 22 hari. Selain itu terdapat beberapa games berhadiah untuk memeriahkan kegiatan.

Perwakilan wisudawan periode IV memberikan pesan kesan sekaligus pamitan kepada jurusan, “Saya merasa sangat bersyukur menjadi bagian dari IKM UNNES, alhamdulillah atas semangat, doa, dan dorongan dari teman dan dosen sehingga saya dan teman-teman bisa berada di titik ini. Di tengah pandemi, saya yakin dan teman-teman juga mengalami sulitnya berusaha menyelesaikan skripsi tepat waktu baik saat perizinan dan hal lainnya. Lulus tepat waktu di tengah pandemi merupakan kebanggaan untuk kita. Harapan saya semoga setelah lulus kita bisa menjadi alumni yang baik dan bermanfaat”, pesan dan kesan dari Rina Sulistiana.

Ada hal menarik pada tasyakuran periode IV ini, dosen-dosen memberikan nasehat dan motivasi secara langsung untuk para wisudawan sehingga kegiatan berlangsung sangat khidmat. Ketua Jurusan IKM, mengucapkan terimakasih dan memberikan pesan untuk semua wisudawan yang telah hadir dalam acara tasyakuran. “Selamat dan sukses untuk 23 lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat, terimakasih telah menjadi anak manis untuk Prodi Kesehatan Masyarakat dengan lulus tepat waktu. Semoga dengan gelar SKM nya dapat berbuat lebih banyak untuk pribadi, keluarga, dan bangsa bernegara. Menjadi mahasiswa yang baik itu mudah tapi menjadi bermanfaat itu yang paling utama”, ungkap Ketua Jurusan IKM.

Tak lupa dalam tasyakuran ini pembawa acara selalu mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Setiap lulusan Prodi Kesmas juga harus menerapkan MIRACLE yaitu Manajer (manager), Inovator (innovator), Peneliti (researcher), Pembelajar (apprenticer), Komunikator (communitarian), Pemimpin (leader), Pendidik (educator). Salah satunya yaitu edukator, diharapkan lulusan dapat mengedukasi masyarakat sekitar dan luas.

 

Kontributor: Anna Nugrahani