Home Berita Program SKM Penggerak Desa Luncurkan 12 Focus Target Menggerakkan Masyarakat, 10 Focus...

Program SKM Penggerak Desa Luncurkan 12 Focus Target Menggerakkan Masyarakat, 10 Focus Target Mengabdi di Institusi, dan 2 Focus Target Melakukan Riset

355
0

Semarang (10/7) Selama 2 hari (9-10/7), Jurusan IKM menyelenggarakan pembekalan Program SKM Penggerak Desa yang akan diselenggarakan mulai (13/7) hingga 1 semester ke depan. Pembekalan dirancang selama 2 hari, dengan 8 pembicara. Pada hari I, pembicara berasal dari Jurusan IKM, seperti Muhammad Azinar, M.Kes., Sofwan Indarjo, M.Kes., Efa Nugroho, M.Kes., dan Lukman Fauzi, M.P.H., sedangkan pada hari II, pembicara dari mitra kerja sama Jurusan IKM, seperti Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Mochamad Abdul Hakam, Sp.PD., Kepala Desa Ketitang, Temanggung, Geri Setiawan, S.K.M., HSE Officer PT Sido Muncul, Miranti Diah Nugraheni, S.K.M, dan Epidemiolog Kesehatan Dinas Kesehatan Cilacap, Angger Luhung Nur F., S.K.M. Geri, Miranti, dan Angger merupakan alumni Jurusan IKM yang harapannya dapat memberikan pengalamannya di lapangan dengan pendekatan yang lebih komprehensif karena pernah melaksanakan program PKL saat menjadi mahasiswa.

Materi pembekalan yang diberikan antara lain determinan sosial kesehatan, problem solving cycle, rubrik penilaian, SKM Penggerak Desa, peran SKM dan perkembangan COVID-19 di Kota Semarang, STBM dan posyandu integratif, aspek K3 di perusahaan, dan penanganan COVID-19 pada lingkup komunitas.

Acara ini dibuka oleh Dekan FIK dan Ketua Jurusan IKM. Dalam laporannya, Ketua Jurusan IKM menyampaikan bahwa program ini adalah program yang disetujui Kemendikbud sebagai program Merdek Belajar-Kampus Merdeka Skema II yang berfokus pada 3 program berbasis pencegahan dan pengendalian COVID-19, yaitu menggerakkan masyarakat, mengabdi di institusi, dan melakukan riset. Tiap program memiliki focus target yang harus dilaksanakan mahasiswa. Pada program menggerakkan masyarakat, mahasiswa harus melaksanakan 2 focus target dari 12 pilihan focus target. Pada program mengabdi di institusi, mahasiswa harus melaksanakan 2 focus target dari 10 pilihan focus target. Adapun pada program melakukan riset, mahasiswa harus melaksanakan 1 focus target dari 2 pilihan focus target.

Program ini akan merekognisi 20 sks dari beberapa mata kuliah dalam 1 semester, yaitu KKN, PKL Komunitas, PKL Institusi, dan Skripsi. “Mari kita manfaatkan dan laksanakan program dengan sebaik-baiknya agar masyarakat berdaya untuk memutus rantai penularan dan penyebaran COVID-19 di masyarakat maupun institusi” pesan Dr. Irwan.

Materi pembekalan dapat diunduh disini

Kontributor: Lukman Fauzi