Home Berita Prodi Gizi Inisiasi Pelatihan Item Development

Prodi Gizi Inisiasi Pelatihan Item Development

161
0

Semarang (21/8) Program Studi Gizi Jurusan IKM telah melaksanakan kegiatan  Item Development dengan tema “Pelatihan Penyusunan Soal Uji Kompetensi Sarjana Gizi / Nutrisionis”. Acara tersebut dibuka oleh Ketua Jurusan IKM Dr.  Irwan Budiono S.KM., M.Kes. (Epid).

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Prof. Husein Agrasasmita (Gedung F3 Lantai 1Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES). Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang merupakan Ketua Jurusan/Departemen Program Studi Gizi Se-Jawa Tengah dengan rincian dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Ngudi Waluyo, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, dan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Acara ini mengundang 1 pembicara yaitu Dr. Rimbawan yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Gizi di Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Dalam Pelatihan Item Development beliau menyampaikan beberapa hal, yaitu 1) Memaparkan tentang pentingnya uji kompetensi bagi lulusan sarjana, 2) Memaparkan tentang aspek penilaian dan standar minimun kelulusan uji kompetensi lulusan sarjana gizi, 3) Mendiskusikan dan mereview soal-soal uji kompetensi sarjana gizi, dan 4) Membuat bank soal uji kompetensi sarjana gizi untuk wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan Pelatihan Item Development bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan di bidang gizi dan kesehatan sehingga dapat menghasilkan tenaga gizi yang cakap dan kompeten berdasarkan hasil penguasaan lulusan yang diperoleh dari uji kompetensi.

Kontributor : Nadia