Home Slider PKM Mahasiswa IKM UNNES 2018 Lolos Pendanaan Kemenristekdikti

PKM Mahasiswa IKM UNNES 2018 Lolos Pendanaan Kemenristekdikti

180
0

Semarang (30/04) Halo Ular (Hand and Body Lotion Ubi Jalar) merupakan inovasi lotion tubuh berbahan dasar pangan lokal yang diciptakan oleh 5 Mahasiswa Jurusan IKM. Melalui produk ini, Tim PKM tahun 2019 dari Jurusan IKM lolos pendanaan Kemenristekdikti sejumlah 8 juta rupiah. Penggunaan ubi jalur sebagai bahan dasar pembuatan produk dikarenakan ubi jalar mudah didapat, murah, dan belum pernah dimanfaatkan dengan cara yang sama.

Ayu Body Lotion merupakan merk dagang untuk lotion ubi jalar yang mereka buat. Kandungan nutrisi ubi jalar yang baik, berupa beta karoten, antioksidan, vitamin E, dan Vitamin C dapat meremajakan kulit dn mencegah kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Produk lotion hasil ciptaan Tim PKM dari IKM ini selain bermanfaat untuk tubuh, juga turut serta menaikkan pemanfaatan pangan lokal.

Setelah lolos pendanaan, langkah lanjutan yang tim ini lakukan adalah produksi dan pemasaran. Selama Mei hingga Juli, tercatat 110 botol Ayu Body Lotion dengan rincian 104 botol  untuk dijual, dan 6 botol sisanya digunakan sebagai tester. Per botolnya, mereka menghargai Ayu Body Lotion sebesar 15 ribu rupiah, dengan target pasar para mahasiswa dan dosen  di lingkungan Unversitas Negeri Semarang. Selanjutnya, rencana mereka adalah mendaftarkan hak cipta produk tersebut ke Haki (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan BPOM.

Kontributor : Nahla