Home Berita Peminatan K3 IKM Unnes Ditunjuk sebagai Ketua Pertama dalam Forum Dosen K3...

Peminatan K3 IKM Unnes Ditunjuk sebagai Ketua Pertama dalam Forum Dosen K3 Jateng – DIY

1495
0

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang pada Senin, 29 Agustus 2016 menginisiasi pembentukan Forum Dosen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Jawa Tengah dan DIY yang difasilitasi oleh Ketua Jurusan IKM Unnes Irwan Budiono, S.KM., M.Kes. Adapun universitas yang tergabung dalam forum ini adalah universitas yang memiliki prodi atau jurusan atau fakultas kesehatan masyarakat dengan peminatan atau konsentrasi K3 pada jenjang pendidikan Strata 1 atau S1, antara lain: Unnes, Undip, Unimus, Udinus, UAD, Unriyo, UMS, Univet, Unsoed, STIKES Kendal, dan Unikal. Pada pertemuan pertama yang diselenggarakan di IKM Unnes ini disampaikan kesamaan visi dan misi dibentuknya forum ini antara lain yaitu: untuk pengembangan keilmuan di bidang K3, meningkatkan atmosfer akademik dalam bidang K3, sharing kegiatan bersama dalam bidang K3, join riset, join publikasi dan lainnya. Selain itu menyepakati penetapan kesekretariatan forum yaitu berada pada Jurusan IKM FIK Unnes.

1

Pada pertemuan kedua yang diselenggarakan pada Senin, 3 Oktober 2016 di Universitas Ahmad Dahlan DIY disepakati adanya pengurus inti dalam forum ini dan Evi Widowati, S.K.M., M.Kes. dosen K3 Unnes terpilih menjadi ketua forum, sementara dr. Baju Wijasena, M.Erg dosen K3 Undip sebagai sekretaris 1, Oktomi WIjaya, S.K.M., M.Sc., dosen K3 UAD sebagai sekretaris 2, dan Dr. MG Catur Yuantari, S.K,M., M.Kes., dosen K3 Udinus sebagai bendahara.

Selain itu dalam pertemuan kedua ini dilakukan proses benchmarking masing-masing kurikulum K3 yang ada dilembaga masing-masing yang dibandingkan dengan Kurikulum Nasional dan SKKNI bidang K3 sehingga harapannya pada pertemuan ketiga nantinya diperoleh gambaran draft kurikulum K3 standar yang akan dibahas secara detil pada pertemuan ketiga dengan tuan rumah dari Universitas Diponegoro (Evi).