ODK Collect Digunakan dalam PKL Jurusan IKM Tahun Ini

Semarang (9/11) Mahasiswa Jurusan IKM Angkatan 2014 pada bulan November-Desember akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Desa Kawengen, Kalikayen, dan Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam PKL, tim task force PKL Jurusan IKM menyelenggarakan Pembekalan PKL yang dilaksanakan pada (8/11) di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Dekanat FIK UNNES. Dalam pembekalan tersebut, hadir Mohamad Maskuri, S.H., Camat Ungaran Timur, sebagai pembicara. Maskuri menyampaikan profil Kecamatan Ungaran Timur dan karakteristik penduduk disana.

Selain Camat Ungaran Timur, pembicara dalam pembekalan tersebut antara lain Sofwan Indarjo, M.Kes., Lukman Fauzi, M.P.H., Mardiana, M.Si., Muhammad Azinar, M.Kes., dan Nur Siyam, M.P.H. Pembicara tersebut menyampaikan materi tentang determinan sosial yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, pengumpulan data dengan ODK Collect, siklus pemecahan masalah, cara melakukan intervensi, dan luaran kegiatan PKL.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tim PKL kali ini mengenalkan aplikasi ODK Collect untuk mengumpulkan data derajat kesehatan masyarakat secara sensus. Aplikasi ini terintegrasi dengan smartphone berbasis android. Ketua Tim Task Force, Sofwan Indarjo menyampaikan bahwa sebelum melakukan intervensi, mahasiswa mengumpulkan data secara sensus dengan ODK Collect, sehingga intervensi yang dilakukan benar-benar menjawab masalah.

Setelah pembekalan, WD I, Dr. Setya Rahayu, melepas mahasiswa terjun ke lapangan selama 2 minggu untuk mengampulkan data dan 2 minggu selanjutnya menginap di lokasi PKL untuk melakukan intervensi dan evaluasi program. “Tetap komunikasi dengan perangkat desa dan selalu menjunjung norma kesopanan di lokasi PKL”, pesan WD I di akhir sambutannya. (Lukfaz).

Materi pembekalan PKL dapat diunduh disini.

Silahkan bisa dishare!

274 kali dibaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *