Mantapkan Pilihan Peminatan, Hima Jurusan IKM Selenggarakan Bincang Peminatan

Semarang (24/5) Akhir semester IV merupakan salah satu masa penting dalam perkuliahan bagi seluruh Mahasiswa Jurusan IKM UNNES. Pada semester ini, mahasiswa harus memantapkan hati untuk menentukan peminatan yang akan dipilih. Di Jurusan IKM UNNES terdapat 6 peminatan pada tahun ini, antara lain Epidemiologi dan Biostatistika, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, dan Gizi Kesehatan Masyarakat.

Melihat banyak mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan pilihannya, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan IKM menyelenggarakan acara Bincang Peminatan (24/5) di Gedung Prof. Husein Agrasasmita FIK UNNES. Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas, Jurusan, dan seluruh Ketua Peminatan yang sekaligus menjadi pembicara. Peserta merupakan mahasiswa Jurusan IKM angkatan 2016 sejumlah 138 orang.

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah untuk membantu mahasiswa jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat semester IV dalam menentukan pilihannya, melalui pemaparan materi yang diberikan oleh masing-masing ketua peminatan.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia Bincang Peminatan, Alfitra Salim Asyifa, kemudian sambutan dan motivasi yang disampaikan oleh Ketua Jurusan IKM, Irwan Budiono, S.K.M., M.Kes(Epid). Ditegaskan oleh Ketua Jurusan, untuk memilih peminatan yang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing serta tidak sekedar ikut-ikutan, sehingga tidak akan menyesal nantinya. Senada dengan hal tersebut “Pilihan tidak ada yang salah, yang terpenting adalah menjalaninya dengan baik dan maksimal” tutur Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIK, Dr. Taufiq Hidayah M.Kes sekaligus membuka acara.

Sebelum penyampaian materi oleh pembicara, terlebih dahulu peserta diberikan pengarahan terkait teknis pemilihan peminatan yang disampaikan oleh Sekertaris Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, M. Azinar, S.K.M., M.Kes. Dalam acara ini, disampaikan kriteria nilai minimum setiap peminatan. Untuk peminatan Epidemiologi, nilai minimum mata kuliah Dasar Epidemiologi yaitu 80, nilai minimum untuk peminatan Promkes menggunakan nilai mata kuliah Dasar Promkes sebesar 83, peminatan AKK menggunakan nilai Administrasi Kebijakan Kesehatan sebesar 80, K3 menggunakan nilai Dasar K3 sebesar 83, Kesling menggunakan nilai Dasar Kesling sebesar 83, dan peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat menggunakan nilai Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat sebesar 80.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi diawali oleh peminatan Epidemiologi, kemudian Promkes, Kesling, K3, AKK, dan Gizi Kesehatan Masyarakat. Yang masing masing disampaikan oleh Dr. Widya Hary Cahyati, S.K.M., M.Kes(Epid)., Sofwan Indarjo, S.K.M., M.Kes., Rudatin Widraswara, S.T., M.Sc., Drs. Hery Koesyanto, M.S., dr. Fitri Indrawati, M.P.H., dan Muhammad Azinar, S.K.M., M.Kes. yang mewakili Mardiana, S.K.M., M.Si.. Dalam materi yang disampaikan meliputi ketentuan umum memilih peminatan, keunggulan peminatan, passing grade, serta prospek kerja dari masing-masing peminatan.

Tampak antusiasme yang tinggi dari seluruh mahasiswa yang hadir. Hal tersebut dapat dilihat pada saat penyampaian materi dan diskusi dengan pembicara. Dimana banyak pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa. (Fadlil).

Silahkan bisa dishare!

243 kali dibaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *