Home Berita Manisan Parijoto “Sanjoto” Tembus PIMNAS XXIX Bogor

Manisan Parijoto “Sanjoto” Tembus PIMNAS XXIX Bogor

1535
0

Buah parijoto merupakan buah kaya manfaat dengan kandungan kardenolin, saponin, dan flavonin yang memiliki rasa asli asam dan sepat. Buah tersebut memiliki kandungan yang telah terbukti berguna sebagai antioksidan, antikanker, dan antibakteri. Buah parijoto biasa dikonsumsi oleh ibu hamil, karena menurut mitos yang berkembang bahwa mengonsumsi buah parijoto selama hamil dipercaya akan melahirkan anak dengan wajah tampan atau cantik.

“Sanjoto” sendiri merupakan sebuah gagasan menarik yang dicetuskan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang terbentuk dalam sebuah tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Produk ini merupakan manisan yang menjadi terobosan terbaru dan pertama di dunia. Sanjoto merupakan kata akronim yang terdiri dari Manisan Parijoto.

IMG_8805

Tim PKM-K yang mempelopori produk olahan ini adalah Ririn Wardani Zuhruf (IKM/2013), Della Arny Novera (Pendidikan Ekonomi Akuntansi/2013), Tri Septa Anggraini (IKM/2013), Isnaeni Anggi Safitri (IKM/2013), dan Wisnu Afandi (IKM/2014) yang dibimbing oleh Arum Siwiendrayanti, S.K.M., M.Kes. dari Jurusan IKM.

Produk Sanjoto telah berhasil menembus pasar internasional dan domestik, dengan 2 jenis varian yang ditawarkan, yaitu original dan jelly. Melihat banyaknya permintaan pasar, maka dalam waktu dekat ini akan meluncurkan varian produk baru, yaitu cookies parijoto. Untuk menikmati legitnya sanjoto, pemesanan dapat dilakukan dengan mengunjungi laman http://manisanparijoto.simplesite.com/

Selain memiliki banyak manfaat, hasil karya mahasiswa ini juga akan dikompetisikan pada PIMNAS XXIX di IPB Bogor pada 7-12 Agustus 2016 bersama 8 tim lain dari Unnes. “Semoga PKM-K Manisan Parijoto dapat mengemban amanah mengharumkan nama Unnes pada PIMNAS XXIX dan dapat memupuk semangat berwirausaha mahasiswa Unnes” pesan Arum Siwiendrayanti.

Selamat berjuang di PIMNAS XXIX!! (Septa-Lukfaz).