Home Berita Mahasiswa Angkatan 2016 Jurusan IKM Mendapatkan Sosialisasi Kegiatan PKL

Mahasiswa Angkatan 2016 Jurusan IKM Mendapatkan Sosialisasi Kegiatan PKL

539
0

Semarang (17/5) Seluruh mahasiswa angkatan 2016 Jurusan IKM hari ini mengikuti sosialisasi kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Tim PKL Jurusan IKM. Kegiatan PKL meliputi PKL Komunitas dan Institusi. Seperti tahun sebelumnya, PKL Komunitas tahun 2019 akan dilaksanakan di Desa Kalikayen, Mluweh, dan Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, sedangkan lokasi PKL Institusi disesuaikan dengan bidang keilmuan mahasiswa. Beberapa lokasi yang sering menjadi lokasi PKL institusi antara lain dinas kesehatan, perusahaan, rumah sakit, dan puskesmas baik di dalam maupun luar wilayah Kota Semarang. Hingga sekarang, Jurusan IKM telah menjalin kerjasama dalam bentuk MoA dengan beberapa institusi, seperti RSUD Ungaran, B2P2VRP Salatiga, BBTKLPP Surabaya, Balai K3 Semarang, Balkesmas Wilayah Semarang, dan beberapa dinas kesehatan kota dan kabupaten.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua Jurusan IKM, Irwan Budiono, menyampaikan bahwa mata kuliah PKL merupakan bentuk implementasi perkuliahan di kelas agar kompetensi MIRACLE dapat terwujud. PKL akan dilaksanakan setelah mahasiswa melaksanakan KKN yang terbagi menjadi 2 gelombang, bergantian antara PKL Komunitas dan Institusi. Masing-masing kegiatan dilaksanakan selama 30 hari.

Ketua Tim PKL Jurusan IKM, Sofwan Indarjo, menjelaskan bahwa identifikasi dan pemecahan masalah menjadi siklus yang harus dilaksanakan mahasiswa dalam kegiatan PKL, baik institusi maupun komunitas. Dengan kata lain, mahasiswa harus mampu mengidentikasi masalah di lokasi PKL, kemudian melakukan analisis prioritas masalah dan penyebab masalah, lalu melakukan identifikasi pemecahan masalah, dilanjutkan dengan implementasi pemecahan masalah, dan diakhiri dengan evaluasi. “Semua siklus yang dilaksanakan selama kegiatan PKL harus berdasar pada metode ilmiah yang berlaku dan mendapat persetujuan dari otoritas setempat”, pungkas Ketua Tim PKL.

Kontributor: Lukman Fauzi