Home Berita Kembangkan Aplikasi HP Pintar Nutriatlet, Irwan Budiono Raih Gelar Doktor

Kembangkan Aplikasi HP Pintar Nutriatlet, Irwan Budiono Raih Gelar Doktor

386
0

Semarang (9/7) Keluarga besar Jurusan IKM hari ini berbahagia karena dosen dengan lulusan doktor bertambah 1 orang. Lulus dari Program Pascarsarjana UNNES, Dr. Irwan yang juga Kajur IKM menggenapi jumlah doktor di Jurusan IKM menjadi 7 orang.

Di hadapan dewan penguji, Dr. Irwan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Aplikasi  Smartphone “Nutriatlet” sebagai Instrumen Pendampingan Gizi Individual dan Surveilans Gizi Olahraga pada Atlet Beladiri”. Bertindak selaku dewan penguji adalah Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si. sebagai Ketua, Prof. Dr. Hari Amirullah Rachman, M.Pd. sebagai Penguji I, Dr. Taufiq Hidayah, M.Kes. sebagai Penguji II, Dr. Sulaiman, M.Pd. sebagai Penguji III, Prof. Dr. dr. Oktia Woro K.H., M.Kes sebagai Penguji IV dan Anggota Kopromotor, Prof. Dr. Soegiyanto KS., M.S. sebagai Penguji V dan Kopromotor, dan Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. sebagai Penguji VI dan Promotor.

Aplikasi Nutriatlet dikembangkan Dr. Irwan untuk menjawab tantangan tidak ada nutrisionis di sebuah pemusatan latihan atlet. Aplikasi ini diujicobakan dengan skala kecil dan besar pada atlet beladiri. Dilengkapi dengan 8 menu, atlet dapat menghitung kebutuhan gizinya, memilih rekomendasi menu sesuai dengan kebutuhan gizi, dan merekam makanan yang dimakannya. Tidak hanya digunakan oleh atlet, semua data yang terekam dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan, seperti pelatih dan manajer.

Dalam simpulannya, Dr. Irwan menyampaikan bahwa produk aplikasi smartphone nutriatlet terbukti valid, reliabel, dan efektif  dalam memperbaiki tingkat konsumsi energi dan zat gizi makro pada atlet beladiri di BPPLOP Jawa Tengah. Diharapkan para pemangku kepentingan terkait dapat memanfatkan aplikasi ini untuk membantu dalam memperbaiki dan memelihara status gizi atlet.

Kontributor: Lukman F.