IPHPS 2016

Logo IPHPS 2016

Latar Belakang

Tenaga kesehatan masyarakat menjadi salah satu tenaga kesehatan yang bergerak melalui pendekatan preventif dan promotif yang perlu menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia.Titik awal perkembangan kesehatan masyarakat di Indonesia dimulai dari Program Bandung Plan pada tahun 1951 oleh dr. Leimena dan dr. Fatah. Dalam perkembangannya, perjalanan tenaga kesehatan menjadi profesi mengalami banyak hambatan dan tantangan. Tantangan terkini yang dihadapi adalah potensi masuknya tenaga kerja asing bidang kesehatan seiring dengan era MEA.

Tantangan masuknya nakes asing disatu sisi merupakan ancaman, namun pada sisi yang lain memberi spirit positif untuk pengembangan profesi kesehatan masyarakat.  Spirit positif dari tantangan tersebut pada akhirnya telah mendorong Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) berhasil membentuk Komite Nasional Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (KomNas UKSKMI).

Keberhasilan AIPTKMI dan IAKMI menghasilkan KomNas UKSKMI serta pengakuan Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) atas profesi kesehatan masyarakat di Indonesia merupakan permulaan kebangkitan profesi ini. Tantangan berikutnya muncul baik dari institusi pendidikan, internal organisasi profesi, serta profesi kesehatan lain. Tantangan dimulai dari masih tingginya disparitas mutu pendidikan kesehatan masyarakat di Indonesia. Dari internal organisasi, IAKMI memiliki banyak agenda pengembangan profesi yang belum tercapai. Kehadiran PERSAKMI juga menjadi tantangan untuk semakin mendorong semangat IAKMI dalam pengembangan profesi. IAKMI dan AIPTKMI juga menghadapi kendala hingga sampai saat ini belum ada hasil nyata terbentunya profesi kesmas level 7 KKNI. Tantangan dari profesi lain juga tidak kalah hebat. Saat ini telah lahir jenis tenaga kesehatan baru, yaitu dokter layanan primer (DLP).  Berbagai tantangan lain juga menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat untuk mewujudkan cita-cita profesi kesehatan masyarakat.

Memperhatikan carut marut pengembangan profesi kesehatan masyarakat di atas, maka dipandang perlu adanya forum ilmiah sebagai ikhtiar nasional pengembangan profesi kesehatan masyarakat. Forum tersebut diharapkan dapat melahirkan gagasan yang dapat memperbaiki peta jalan menuju profesi kesehatan masyarakat yang diakui, serta setara dengan profesi lain yang telah lebih dulu mempunyai eksistensi.

Oleh karena itu, diperlukan forum ilmiah dan diskusi yang berasaskan ilmu pengetahuan   dan pengertian dari semua pihak pemangku kepentingan, praktisi, akademisi, dan ahli di bidang kesehatan masyarakat yang bernama Indonesian Public Health Perspective Series (IPHPS) 2016.

Unduh poster IPHPS 2016 klik disini
Unduh leaflet A IPHPS 2016 klik disini
Unduh leaflet B IPHPS 2016 klik disini

 

Penerimaan abstrak dan artikel untuk Seminar dan Call for Paper (Oral dan Poster) dan IPHSF diperpanjang hingga 12 September 2016

 

Bentuk Kegiatan

  1. Pelatihan
  2. Simposium
  3. Seminar Nasional dan Call for Paper
  4. Indonesian Public Health Student Forum (IPHSF)

 

Cara Pendaftaran

  1. Download Formulir Pendaftaran klik disini.
  2. Mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi ke email: ikm@mail.unnes.ac.id dengan Format Subject dan Nama File Formulir: Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Simposium dan Seminar_Anton Sekaran_081234567890
  3. Bagi pengirim Call for Paper Seminar dan kompetisi Young Public Health Award (4 kategori), dilampirkan pula abstrak sesuai template yang disediakan.

 

Cara Pembayaran

A. Pelatihan dan Simposium

  1. Melakukan pembayaran/ transfer sesuai dengan kegiatan yang diikuti ke Rekening BNI nomor 0455828979 atas nama NUR SIYAM.
  2. Biaya kegiatan dapat dilihat disini
  3. Mengirimkan scan/ foto (jpg/pdf) bukti pembayaran melalui attachment hingga 12 September 2016 ke email: ikm@mail.unnes.ac.id dengan ketentuan nama subject dan file: Bukti Bayar_Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Bukti Bayar_Simposium_Anton Sekaran_081234567890

B. Seminar (Peserta) dan IPHSF (Peserta)

  1. Melakukan pembayaran/ transfer sesuai dengan kegiatan yang diikuti ke Rekening BNI nomor 0455828979 atas nama NUR SIYAM.
  2. Biaya kegiatan dapat dilihat disini
  3. Mengirimkan scan/ foto (jpg/pdf) bukti pembayaran melalui attachment hingga 12 September 2016 ke email: ikm@mail.unnes.ac.id dengan ketentuan nama subject dan file: Bukti Bayar_Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Bukti Bayar_Peserta Seminar_Anton Sekaran_081234567890

C. Seminar (Oral-Poster Presentation) dan IPHSF (Peserta Kompetisi Young Public Health Award)

  1. Peserta sudah mendapatkan email pemberitahuan penerimaan abstrak yang menunjukkan bahwa abstrak Call for paper dan kompetisi Young Public Health Award diterima.
  2. Melakukan pembayaran/ transfer sesuai dengan kegiatan yang diikuti ke Rekening BNI nomor 0455828979 atas nama NUR SIYAM.
  3. Biaya kegiatan dapat dilihat disini
  4. Mengirimkan artikel (doc) sesuai panduan.
  5. Mengirimkan scan/ foto (jpg/pdf) bukti pembayaran bersama artikel di atas.
  6. Artikel dan bukti pembayaran bersama-sama dikirimkan melalui attachment hingga 12 September 2016 ke email: ikm@mail.unnes.ac.id dengan ketentuan:
    • Nama Subject: Artikel dan Bukti Bayar_Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Artikel dan Bukti Bayar_Seminar Oral Presentation_Anton Sekaran_081234567890
    • Nama File Artikel: Artikel_Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Artikel_Seminar Oral Presentation_Anton Sekaran_081234567890
    • Nama File Bukti Pembayaran: Bukti Bayar_Kegiatan yang Diikuti_Nama_Nomor Telefon. Contoh: Bukti  Bayar_Seminar Oral Presentation_Anton Sekaran_081234567890

 

Pembayaran ditransfer ke Rekening BNI nomor 0455828979 atas nama NUR SIYAM

 

Penghargaan

  1. Artikel Seminar Terbaik akan Dipublikasikan di Jurnal Terkareditasi Nasional “KEMAS”Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Unnes.

  2. Pemenang Young Public Health Award mendapatkan uang pembinaan dan predikat penghargaan:
    • Young Public Health Technovator untuk pemenang kategori karya inovatif/ teknologi tepat guna;
    • Young Public Health Idea Maker untuk pemenang kategori gagasan tulis;
    • Young Public Health Researcher untuk pemenang kategori hasil  penelitian;
    • Young Public Health Entrepreneur untuk pemenang kategori kewirausahaan

 

Link Download Terkait Kegiatan Seminar Nasional-Call for Paper

  1. Template abstrak (oral/poster) call for paper klik disini
  2. Panduan penulisan abstrak dan artikel (oral dan poster) call for paper klik disini

 

Link Download Terkait Kegiatan IPHSF dan Young Public Health Award

A. Kategori Karya Inovatif/Teknologi Tepat Guna

  1. Template abstrak Young Public Health Award karya inovatif klik disini
  2. Panduan penulisan abstrak dan artikel Young Public Health Award karya inovatif klik disini

B. Kategori Gagasan Tulis

  1. Template abstrak Young Public Health Award gagasan tulis klik disini
  2. Panduan penulisan abstrak dan artikel Young Public Health Award gagasan tulis klik disini

C. Kategori Hasil Penelitian

  1. Template abstrak Young Public Health Award hasil penelitian klik disini
  2. Panduan penulisan abstrak dan artikel Young Public Health Award hasil penelitian klik disini

D. Kategori Kewirausahaan

  1. Template abstrak Young Public Health Award kewirausahaan klik disini
  2. Panduan penulisan abstrak dan artikel Young Public Health Award kewirausahaan klik disini

Silahkan bisa dishare!