Home Berita Inovasi Makanan Khas Daerah Pemalang Lolos Pendanaan Kemenristekdikti 2019

Inovasi Makanan Khas Daerah Pemalang Lolos Pendanaan Kemenristekdikti 2019

189
0

Semarang (22/06) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang adu inovasi mahasiswa di seluruh Indonesia. Salah satu cabang PKM adalah PKM-K atau PKM-Kewirausahaan. Salah satu tim dari Universitas Negeri Semarang yang mengajukan proposal PKM-K lolos pendanaan Kemenristekdikti pada kegiatan PKM 2019. Tim tersebut terdiri dari 5 mahasiswa, yaitu Wiranto (Gizi 2017), Intan Rohmah N., (Gizi 2017), Naili Fajriyyah (Gizi 2018), Nunik Pratiwi (Sastra Jawa 2017), dan Revi Alvi (Ekonomi Pembangunan 2018).

K-TOK yang merupakan singkatan dari Kamir Toping Karakter merupakan inovasi makanan khas dari daerah Pemalang. Kamir yang biasa disajikan langsung tanpa tambahan apapun dikreasikan penyajiannya dengan ditambahi toping yang dibentuk menjadi berbagai macam karakter yang unik dan menarik, seperti wajah, kartun, huruf, dan lain sebagainya.

Pada bulan pertama penjualan tim ini sudah mengantongi omzet sebesar 4 juta rupiah. Pemasaran dilakukan dengan gencar baik secara daring maupun luring. Secara daring mereka mengiklankan dan menerima pesanan melalui sosial media. Sedangkan secra luring, mereka membuka stan di daerah Simpang Tujuh, Unnes. Harapannya, inovasi ini dapat berjalan dengan baik dan  dilirik oleh Pemerintah Daerah Pemalang.

Kontributor : Nahla