Home Berita Ciptakan Aplikasi Berbasis Gizi dan Kesehatan, Mahasiswa Prodi Gizi Juarai LKTIM FIK...

Ciptakan Aplikasi Berbasis Gizi dan Kesehatan, Mahasiswa Prodi Gizi Juarai LKTIM FIK UNNES 2018

173
0

Semarang (28/7) Mahasiswa Prodi Gizi, Wiranto (2017), yang berkolaborasi dengan mahasiswa IKM, M. Zakky Saefurohim (2015) berhasil menjuarai lomba karya tulis yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Karya tulis yang diajukan berjudul si Ngatmo (Aplikasi Pengingat Minum Obat) untuk pasien penderita tuberculosis. Latar belakang penulisan karya tulis tersebut adalah sebagai pengingat agar orang-orang yang menderita TBC dapat meminum obatnya dengan rutin dan tidak terjadi keterlambatan. Karena keterlambatan minum obat TBC akan mengakibatkan bakteri TB menjadi resisten yang akibatnya obat yang nantinya diberikan akan lebih tinggi dosisnya.

Ternyata pada lomba karya tulis ini, Wiranto tidak hanya mengajukan satu karya tulis saja. Ia mengajukan karya tulis lain dengan judul ESA (Edukasi Stunting Aps), dengan rekanan Nieke Cahya (Gizi 2017) dan Daryati (IKM 2017). Karya tulis kedua yang ia ajukan ini mendapat predikat juara ke-3, hasil yang juga tidak mengecewakan. Aplikasi edukasi stunting ini ia dan rekan-rekan ciptakan atas kepeduliannya terhadap angka stunting di Indonesia, terkhusus Jawa Tengah yang belum mencapai target minimal. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media belajar dan memantau perkembangan anak untuk mencegah terjadinya stunting.

“Senang rasanya bisa menjuarai ajang ini. Walaupun banyak waktu dan tenaga dikorbankan namun semuanya terbayar sudah. Harapannya inovasi yang kami buat ini akan bermanfaat untuk orang banyak,” tutur Wiranto.

Kontributor : Nahla