Bahas Potensi Tulang Ikan dalam Pengeringan Luka, Miranda Juara 1 Seleksi Mawapres Jurusan IKM

Semarang (16/3) Indonesia adalah negara maritim, di mana sebagian besar wilayahnya teridiri atas laut. Dengan sumber daya laut yang begitu besar, maka berkembanglah berbagai macam industri perikanan. Namun, industri perikanan yang ada tidaklah lepas dari limbah, baik itu limbah cair (darah, lemak ikan) maupun limbah padat berupa tulang ikan. Berdasarkan kandungannya, yakni kalsium, tulang ikan mempungai potensi untuk menjadi bahan koagulan yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengeringan luka.

Bahan karya tulis tersebut yang menjadikan Miranda mahasiswa Jurusan IKM Semester IV meraih juara 1 seleski mahasiswa berprestasi tingkat jurusan. Dilaksanakan pada 16 Maret 2017, seleski mahasiswa berprestasi yang diselenggarakan oleh Jurusan IKM dan HIMA IKM diikuti oleh 7 peserta dari semester II-VI. Mereka adalah Nadia Indraswari U., M. Zakki Saefurrohim, Chadori Ichsan, Miranda, Dimas Ayu N., Rina Chomawati, dan Arum Mustika S. Selain penjurian dari sisi karya tulis ilmiah, para dewan juri yang terdiri dari dr. Sri Ratna Rahayu, Ph.D., Rudatin W., M.Sc., dan Galuh Nita P., M.Si. juga menanyakan 3-minutes extra quiz terkait topik yang dipilih peserta. Dan tentunya semua bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

Sekretaris jurusan berpesan dalam sambutannya bahwa sejatinya mahasiswa Jurusan IKM memiliki prestasi yang tidak kalah dengan mahasiswa lain di dalam maupun di luar UNNES, namun kurangnya rasa percaya diri yang menjadikan mereka sendiri tidak yakin atas potensi yang dimilikinya.

Di akhir sesi seleksi, juara 1 seleksi mahasiswa berprestasi tingkat jurusan jatuh kepada Miranda diikuti M. Zakki Saefurrohim dan Rina Chomawati. Juara 1 dan 2 akan mewakili Jurusan IKM untuk mengikuti seleksi mawapres tingkat fakultas pada 23 Maret 2017 mendatang. Selamat berjuang Miranda dan Zakki (Lukfaz).

Silahkan bisa dishare!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *