Home Berita 328 Mahasiswa Baru Jurusan IKM Ikuti SIKLUS 2020

328 Mahasiswa Baru Jurusan IKM Ikuti SIKLUS 2020

75
0

Semarang (26/9) Jurusan IKM melalui HIMA IKM dan HIMA GiziĀ  melaksanakan kegiatan Orientasi Kehidupan Lingkungan Kampus (SIKLUS) 2020 dengan tema GALAXY (Gaining Solidarity for Extraordinary) pada (25-26/9) dan (3/10). Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIK, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. Turut hadir Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala laboratorium Jurusan, Koordinator Prodi Gizi, dosen dan tenaga kependidikan Jurusan IKM serta seluruh mahasiswa baru. SIKLUS 2020 tahun ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting Apps. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru Jurusan IKM mengenai lingkungan kampus dan sekitarnya, etika dan peraturan yang berlaku di UNNES, khususnya Jurusan IKM.

Pada hari pertama, SIKLUS dibagi menjadi 2 sesi. Rangkaian acara saat sesi pertama ini, yaitu penyampaian materi mengenai Kurikulum Prodi Kesehatan Masyarakat oleh Muhammad Azinar, M.Kes., sarana dan prasarana oleh Sofwan Indarjo, M.Kes., Kurikulum Prodi Gizi oleh Mardiana, M.Si., dan materi tata krama di kampus oleh Alfiana Ainun Nisa, M.Kes. Selanjutnya, di sesi kedua mahasiswa baru mendapatkan materi dari berbagai UKM kesehatan yang ada di UNNES, yaitu UKM USECC, KSR PMI, dan GERHANA.

SIKLUS hari kedua difokuskan untuk mahasiswa baru Prodi Kesmas, sedangkan SIKLUS untuk Prodi Gizi akan dilaksanakan (3/10). Di hari kedua SIKLUS Prodi Kesmas ini disampaikan materi peminatan yang ada di Prodi Kesmas, yaitu Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja oleh Drs. Herry Koesyanto, M.S., Peminatan Kesehatan Lingkungan oleh Dr. Yuni Wijayanti, M.Kes., Peminatan Epidemiologi dan Biostatistik olehDr. Widya Hary Cahyati, Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat oleh Dr. Irwan Budiono, Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan oleh dr. Fitri Indrawati, M.P.H., dan Peminatan Promosi Kesehatan oleh Bertakalswa Hermawati, M.Si. Setelah penyampaian materi mengenai peminatan, mahasiswa baru juga mendapatkan materi mengenai success story yang disampaikan oleh Geri Setiawan, S.K.M. yang merupakan alumni Prodi Kesmas tahun 2014 dan saat ini menjadi kepala desa di Temanggung, pengenalan HIMA IKM dan ISMKMI, pergerakan mahasiswa, serta isu kesehatan oleh Efa Nugroho, M.Kes.

Dalam sambutannya, Prof. Tandiyo berpesan agar mahasiswa baru khususnya Jurusan IKM memberikan contoh nyata di masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat. “Mahasiswa Jurusan IKM sudah seharusnya menjadi role model perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya, minimal mulai dari lingkungan keluarganya”, pesan profesor keolahragaan kepada mahasiswa baru.

Kontributor: Silfadhilla Ananda Prasetyo